Blog Sivitas

Oleh: AHMAD SOFYAN



Mahasiswa Program Doktoral, Life and Environmental Sciences, Universitas Tsukuba, Jepang. Peneliti Bidang Peternakan, BP Teknologi Bahan Alam - LIPI.





Era perdagangan bebas kawasan Asia Tenggara telah dimulai pada akhir tahun 2015. Negara yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan bebas dalam menerima keluar masuk arus barang, jasa, modal dan tenaga kerja termasuk didalamnya produk pertanian dan peternakan.




Yang menjadi pertanyaan, akankah Indonesia telah siap menghadapi tantangan MEA ini ditengah upaya keras untuk keluar dari kebergantungan bahan pangan impor seperti yang tergambar pada kondisi saat ini. Sejatinya, pangan adalah soal hidup matinya suatu bangsa. Pemenuhan kecukupan pangan harus mampu berdikari diatas kekuatan sendiri. Bangsa yang tidak percaya pada kekuatan dirinya, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka (Bung Karno, 1952).




Kita patut bangga dengan sejarah bangsa atas pengakuan dunia dalam kemandirian pangan. Badan Pangan Dunia (FAO) 1986 menganugerahi medali bergengsi (from rice to self sufficiency) atas kesuksesan swasembada pangan. Dunia sungguh kagum saat para petani Indonesia mampu memberikan bantuan 100 ton beras kepada rakyat Afrika yang menderita kekurangan pangan saat itu.




Kebanggaan fakta sejarah atas keberhasilan bangsa seolah menjadi paradoks dengan kondisi kecukupan pangan di dalam negeri saat ini. Terbukti semakin maraknya pangan impor yang tak terbendung seolah menjadi tuan asing di negeri sendiri. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat impor produk pangan hewani pada 2012 lebih dari 190 juta dollar AS untuk daging (50 juta ton), produk susu dan olahannya mencapai lebih 1,2 milyar dollar AS (386 juta ton).




Kondisi kemandirian pangan sampai saat ini pun belum beranjak membaik. Tak heran, dari catatan indeks ketahanan pangan dunia (global food security index), Indonesia hanya menempati di urutan 66 dari 107 negara, tertinggal dari negara ASEAN lainnya seperti Filipina (64), Vietnam (60), Thailand (45), Malaysia (34), dan Singapura (16).




Keterpaduan



Akar masalah dari tingginya importasi bahan pangan adalah rasio jumlah penduduk yang tidak sebanding dengan jumlah ketersediaan sumberdaya pangan hewani. Minimnya populasi ternak dipicu dari semakin menyempitnya area budidaya dan ketersediaan sumber pakan. Oleh karenanya, mensinergikan kegiatan peternakan dengan pertanian dan perkebunan (agriternak) menjadi salah satu solusi atas keterbatasan ini.




Potensi inilah yang sekiranya menjadi dorongan bagi pengambil kebijakan di tingkat daerah. Jika di suatu kawasan pertanian pangan didirikan sentra budidaya ternak, maka banyak keuntungan tambahan bagi petani-peternak. Produksi pupuk organik dari pemanfaatan limbah ternak akan mengurangi kebergantungan pada pupuk kimia, dan ternak itu sendiri dapat sebagai tabungan/tambahan pendapatan bagi para petani.




Keterpaduan dalam pengembangan peternakan perlu terus didorong dan agar lebih masif diperlukan fasilitasi dari pemerintah daerah dan pusat. Melalui Penerapan Undang-undang (UU) No. 6 tahun 2014 tentang Desa, konsep ini menjadi pendorong desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, salah satunya dengan kegiatan integrasi pertanian dan peternakan.




Selain itu, UU No. 41 tahun 2014 tentang perubahan atas UU No. 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, menitik beratkan pentingnya membangun kemitraan seluruh stakeholders peternakan dalam mendukung pemenuhan kecukupan pangan hewani. Pemerintah daerah diharapkan mampu sebagai ujung tombak regulator dalam mendukung sumber daya peternakan di wilayah.




Untuk melindungi kegiatan peternakan saat menghadapi fluktuasi harga pasar, sangat diperlukan lembaga peyangga. Di Japang, para petani (produsen), kalangan pemasar dan konsumen membentuk suatu lembaga korporasi yang disebut sebagai Teikei system. Peran lembaga ini akan menjadi pelindung agar petani tidak merugi pada saat panen raya (dimana harga produk pertanian jatuh) namun konsumen tetap mendapatkan harga yang layak. Sistem ini pula yang menjamin jalur tata niaga pun akan lebih mudah dan ongkos produksi bisa minimal.




Pencapaian kemandirian pangan tidak terlepas dengan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) sebagai komponen utama pembangunan. Kekuatan negara dalam mengahadapi MEA yang telah dimulai pada 2015, khususnya untuk mewujudkan kemandirian pangan sangat bergantung pada upaya menumbuhkembangkan pola pikir masyarakat untuk lebih inovatif dan produktif sehingga terhindar dari pola konsumerisme pada produk impor. Mentalisme yang kreatif dalam memanfaatkan sumber daya yang ada di tengah keterbatasan akan mendukung kinerja sektor agribisnis peternakan.



Perlu kebersamaan dan partisipasi nyata seluruh elemen masyarakat. Pemerintah sebagai regulator akan mendorong iklim investasi yang kondusif bagi pelaku agribisnis peternakan. Manunggalnya pemimpin dan masyarakat sebagai subjek pembangunan untuk berpikir kreatif, kontinu dalam berusaha dan jargon `revolusi mental` adalah setitik langkah untuk meraih impian dan harapan hakiki untuk kemandirian pangan hewani agar tidak menjadi sebuah paradoks.





Sumber: TrobosLivestock Edisi 186 XVI, Maret 2015 (dengan beberapa revisi kalimat).

about author

Ahmad Sofyan Ph.D.

197910052006041006

Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam

Komentar (15)

  • lady mia

    03 Maret 2019, 18:06:59

    KABAR BAIK!!! Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu. Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak. Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya. Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan. Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

  • Concetta

    20 Agustus 2018, 21:17:59

    We specialized in Bank Guarantees (BG), Standby Letters of Credit (SBLC), Mid Term Notes (MTNs), Long Term Notes, Private Placement Programs (PPP), Montization and other financial assistance from Top AAA rated banks (Prime Bank) in Europe, Middle East or USA. Lease price BG/SBLC is 4+2% and Sale at 32+2%. Intermediaries/Consultants/Brokers are welcome to bring their clients with healthy commissions paid and are 100% protected. In complete confidence, we will work together for the benefits of all parties involved. For further inquiry contact Us Via : Email:- inquiry.emeraldfinanceltd@gmail.com WhatsApp : +1-8127-816282 Skype :- emeraldfinanceltd We have Connections at the highest level at top AAA banks around the world !!! DON'T LOOSE YOUR DEAL, LET US HELP YOU , CONTACT US TODAY !!!.

  • YODIKA RONI

    28 Juli 2018, 22:41:41

    Nama saya Yodika Roni, saya pemilik bisnis dan saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet karena banyak pemberi pinjaman Internet di sini palsu dan mereka hanya berbagi cerita untuk mencuri uang Anda. Bisnis saya menderita karena saya tidak punya uang untuk berinvestasi untuk membuat bisnis saya besar sehingga saya dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan dan juga memiliki cabang lain. Jadi, saya memutuskan untuk pergi ke bank saya untuk meminta pinjaman tetapi saya ditolak karena saya tidak memiliki jaminan yang diperlukan bank. Jadi, saya akan melalui internet dan saya melihat begitu banyak cerita bagus tentang bagaimana mereka mendapat pinjaman dan mereka memasukkan email untuk dihubungi, jadi, saya memutuskan untuk mencoba jika saya dapat meminjam dari mereka dan saya menghubungi salah satunya. Saya diminta untuk mengirimkan semua dokumen saya dan mereka meminta saya membayar untuk menerima pinjaman, saya membayar total Rp14.000.000 dan saya tidak menerima pinjaman. Dan begitulah hidup saya berubah dari buruk menjadi yang terburuk. bisnis saya berada di garis hancur dan saya berpikir untuk mengambil hidup saya karena tidak ada yang menarik minat saya lagi. Tetapi dalam semua yang terjadi pada saya, saya masih berdoa kepada Allah untuk menyelamatkan saya dari masalah ini yang saya telah menempatkan diri ke dalam, saya berdoa kepada Allah setiap hari karena hanya Allah sendiri yang dapat mengubah situasi saya. Minggu lalu hari Senin, setelah saya melaporkan apa yang terjadi pada saya kepada polisi, saya pergi untuk memeriksa situs web di mana saya melihat pos wanita yang mencuri uang saya, saya melihat sebuah pos oleh Ny. Sarah Ward yang mengatakan bahwa setiap perusahaan pinjaman tanpa situs web perusahaan legal adalah palsu dan mereka bukan pemberi pinjaman. Saat itulah saya menyadari bahwa saya yang membuat kesalahan dan saya seharusnya tidak menghubungi wanita yang mencuri uang saya atas nama perusahaan pinjaman karena mereka tidak memiliki situs web, itu hanya email yang saya lihat. Jadi, saya memutuskan untuk mengunjungi situs web pos oleh Ny. Sarah Ward yaitu: www.24hoursfinance.org Saya memeriksa situs web dan saya menemukan bahwa itu nyata, jadi, saya mengajukan pinjaman dari perusahaan dan mereka mengirimi saya syarat yang saya setujui. Setelah persetujuan pinjaman saya, saya diminta untuk mengirimkan rincian bank saya yang saya lakukan. Saya baru saja di rumah saya dan saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan pinjaman saya. Saya sangat bahagia dan saya berjanji kepada Allah bahwa saya harus mengambil waktu saya untuk membagikan cerita ini sehingga orang lain dapat diselamatkan dari tangan para lender yang buruk itu. Saya ingin Anda yang membaca cerita saya untuk menghubungi 24HOURSFINANCE jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda tidak akan kehilangan uang Anda kepada para pencuri itu. . Jadi, saya menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu semua orang dari Indonesia dan negara lain yang tepat untuk membaca cerita saya dan dia perlu pinjaman untuk menghubungi 24HOURSFINANCE Situs web melalui: www.24hoursfinance.org Anda masih dapat menghubungi mereka melalui email: 24hoursfinance.org@gmail.com  jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut dari saya, maka jangan ragu untuk menghubungi saya melalui Email: yodikaroni@gmail.com Sekali lagi terima kasih atas semua telah membaca ceritaku, dan tolong bagikan ceritamu setelah menerima pinjamanmu dari 24HOURSFINANCE sehingga orang lain dapat diselamatkan dari tangan para pemberi pinjaman jahat itu dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

  • amisha

    10 April 2018, 03:27:28

    BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang. Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah fancy loan company. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).

  • Ibu mur intan

    01 April 2018, 18:58:57

    Ass.wr.wt.saya IBU NUR INTAN  tki singapore sangat berterima kasih kepada AKI SOLEH, berkat bantuan angka jitu yang di berikan AKI SOLEH, saya bisah menang togel 4D yaitu (1924)? dan alhamdulillah saya menang (359,juta)sekarang saya sudah bisah melunasi hutang-hutang saya dan menyekolahkan anak-anak saya. sekarang saya sudah bisah hidup tenang berkat bantuan AKI SOLEH. bagi anda yang termasuk dalam kategori di bawah ini; 1.di lilit hutang 2.selalu kalah dalam bermain togel 3.barang-barang berharga sudah habis buat judi togel 4.hidup sehari-hari anda serba kekurangan 5.anda sudah kemana-mana tapi belum dapat solusi yang tepat 6.pesugihan tuyul 7.pesugihan bank gaib 8.pesugihan uang balik 9.pesugihan dana gaib, dan dll dan anda ingin mengubah nasib melalui jalan togel seperti saya hub AKI SOLEH di no; 082-313-336-747 Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA)  No WA Aki : 082313336747 UNTUK JENIS PUTARAN; SGP, HK, MACAU, MALAYSIA, SYDNEY, TOTO MAGNUM, TAIPE, THAILAND, LAOS, CHINA, KOREA, KAMBODIA, KUDA LARI, ARAB SAUDI, AKI SOLEH dengan senang hati membantu anda memperbaiki nasib anda melalui jalan togel karna angka gaib/jitu yang di berikan AKI SOLEH tidak perlu di ragukan lagi.sudah terbukti 100% akan tembus. karna saya sudah membuktikan sendiri.buat anda yang masih ragu, silahkan anda membuktikan nya sendiri. SALAM KOMPAK SELALU.DAN SELAMAT BUAT YANG JUPE HARI INI ..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..  «082-313-336-747» ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher