Blog Sivitas

Oleh: AHMAD SOFYAN



Mahasiswa Program Doktoral, Life and Environmental Sciences, Universitas Tsukuba, Jepang. Peneliti Bidang Peternakan, BP Teknologi Bahan Alam - LIPI.





Era perdagangan bebas kawasan Asia Tenggara telah dimulai pada akhir tahun 2015. Negara yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan bebas dalam menerima keluar masuk arus barang, jasa, modal dan tenaga kerja termasuk didalamnya produk pertanian dan peternakan.




Yang menjadi pertanyaan, akankah Indonesia telah siap menghadapi tantangan MEA ini ditengah upaya keras untuk keluar dari kebergantungan bahan pangan impor seperti yang tergambar pada kondisi saat ini. Sejatinya, pangan adalah soal hidup matinya suatu bangsa. Pemenuhan kecukupan pangan harus mampu berdikari diatas kekuatan sendiri. Bangsa yang tidak percaya pada kekuatan dirinya, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka (Bung Karno, 1952).




Kita patut bangga dengan sejarah bangsa atas pengakuan dunia dalam kemandirian pangan. Badan Pangan Dunia (FAO) 1986 menganugerahi medali bergengsi (from rice to self sufficiency) atas kesuksesan swasembada pangan. Dunia sungguh kagum saat para petani Indonesia mampu memberikan bantuan 100 ton beras kepada rakyat Afrika yang menderita kekurangan pangan saat itu.




Kebanggaan fakta sejarah atas keberhasilan bangsa seolah menjadi paradoks dengan kondisi kecukupan pangan di dalam negeri saat ini. Terbukti semakin maraknya pangan impor yang tak terbendung seolah menjadi tuan asing di negeri sendiri. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat impor produk pangan hewani pada 2012 lebih dari 190 juta dollar AS untuk daging (50 juta ton), produk susu dan olahannya mencapai lebih 1,2 milyar dollar AS (386 juta ton).




Kondisi kemandirian pangan sampai saat ini pun belum beranjak membaik. Tak heran, dari catatan indeks ketahanan pangan dunia (global food security index), Indonesia hanya menempati di urutan 66 dari 107 negara, tertinggal dari negara ASEAN lainnya seperti Filipina (64), Vietnam (60), Thailand (45), Malaysia (34), dan Singapura (16).




Keterpaduan



Akar masalah dari tingginya importasi bahan pangan adalah rasio jumlah penduduk yang tidak sebanding dengan jumlah ketersediaan sumberdaya pangan hewani. Minimnya populasi ternak dipicu dari semakin menyempitnya area budidaya dan ketersediaan sumber pakan. Oleh karenanya, mensinergikan kegiatan peternakan dengan pertanian dan perkebunan (agriternak) menjadi salah satu solusi atas keterbatasan ini.




Potensi inilah yang sekiranya menjadi dorongan bagi pengambil kebijakan di tingkat daerah. Jika di suatu kawasan pertanian pangan didirikan sentra budidaya ternak, maka banyak keuntungan tambahan bagi petani-peternak. Produksi pupuk organik dari pemanfaatan limbah ternak akan mengurangi kebergantungan pada pupuk kimia, dan ternak itu sendiri dapat sebagai tabungan/tambahan pendapatan bagi para petani.




Keterpaduan dalam pengembangan peternakan perlu terus didorong dan agar lebih masif diperlukan fasilitasi dari pemerintah daerah dan pusat. Melalui Penerapan Undang-undang (UU) No. 6 tahun 2014 tentang Desa, konsep ini menjadi pendorong desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, salah satunya dengan kegiatan integrasi pertanian dan peternakan.




Selain itu, UU No. 41 tahun 2014 tentang perubahan atas UU No. 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, menitik beratkan pentingnya membangun kemitraan seluruh stakeholders peternakan dalam mendukung pemenuhan kecukupan pangan hewani. Pemerintah daerah diharapkan mampu sebagai ujung tombak regulator dalam mendukung sumber daya peternakan di wilayah.




Untuk melindungi kegiatan peternakan saat menghadapi fluktuasi harga pasar, sangat diperlukan lembaga peyangga. Di Japang, para petani (produsen), kalangan pemasar dan konsumen membentuk suatu lembaga korporasi yang disebut sebagai Teikei system. Peran lembaga ini akan menjadi pelindung agar petani tidak merugi pada saat panen raya (dimana harga produk pertanian jatuh) namun konsumen tetap mendapatkan harga yang layak. Sistem ini pula yang menjamin jalur tata niaga pun akan lebih mudah dan ongkos produksi bisa minimal.




Pencapaian kemandirian pangan tidak terlepas dengan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) sebagai komponen utama pembangunan. Kekuatan negara dalam mengahadapi MEA yang telah dimulai pada 2015, khususnya untuk mewujudkan kemandirian pangan sangat bergantung pada upaya menumbuhkembangkan pola pikir masyarakat untuk lebih inovatif dan produktif sehingga terhindar dari pola konsumerisme pada produk impor. Mentalisme yang kreatif dalam memanfaatkan sumber daya yang ada di tengah keterbatasan akan mendukung kinerja sektor agribisnis peternakan.



Perlu kebersamaan dan partisipasi nyata seluruh elemen masyarakat. Pemerintah sebagai regulator akan mendorong iklim investasi yang kondusif bagi pelaku agribisnis peternakan. Manunggalnya pemimpin dan masyarakat sebagai subjek pembangunan untuk berpikir kreatif, kontinu dalam berusaha dan jargon `revolusi mental` adalah setitik langkah untuk meraih impian dan harapan hakiki untuk kemandirian pangan hewani agar tidak menjadi sebuah paradoks.





Sumber: TrobosLivestock Edisi 186 XVI, Maret 2015 (dengan beberapa revisi kalimat).

about author

Ahmad Sofyan Ph.D.

197910052006041006

Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam

Komentar (15)

  • AVANT LOANS

    28 Maret 2018, 22:41:21

    AVANT Loan adalah organisasi pemerintah yang disetujui pinjaman dan bekerja sama dengan Bank Sentral. Perusahaan kami terutama berdedikasi untuk Perbankan dan Jasa Keuangan dan memberikan pinjaman kepada perusahaan, pinjaman perorangan, tabungan dan semua jenis pinjaman. Jika Anda memiliki pertanyaan atau Anda membutuhkan pinjaman, hubungi kami melalui e-mail: avantloanson@gmail.com

  • DEWI

    28 Maret 2018, 22:40:40

    Sayangku, aku benar-benar akan berterima kasih atas kebaikan yang telah dilakukan dengan membantu saya dan hari ini saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp160.000.000 untuk menyelesaikan kebutuhan saya Saya terima di ponsel saya pagi ini di pesan konfirmasi dari BCA BANK dan saya memperoleh pinjaman di akun saya dengan sukses Saya berterima kasih untuk wanita hebat Teresa Pedro karena saya menjaga kepercayaan saya pada Anda dan oleh kasih karunia Tuhan, untungnya, telah berhasil dipenuhi Terima kasih banyak Saya juga akan memberi tahu Anda teman-teman saya dan orang-orang terkasih yang membutuhkan pinjaman dan Anda harus bertemu dengan cara yang sama seperti saya Terima kasih banyak Madam Teresa Pedro karena telah memberi saya pinjaman, saya berdoa semoga Tuhan menyertai Anda Hubungi Mother Teresa melalui email: teresapedro200@gmail.com

  • Inthupa Mammam

    21 Februari 2018, 06:31:58

    Halo semuanya, Namaku Nyonya Inthupa Mammam, saya berbicara sebagai orang paling bahagia di seluruh dunia luas hari ini dan saya mengatakan kepada diri saya bahwa setiap pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kita, saya akan menceritakan namanya ke seluruh dunia yang luas. dan saya sangat senang untuk mengatakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya, karena saya membutuhkan pinjaman sebesar $ 200.000 dolar AS untuk memulai hidup saya sejak saya adalah ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu. tergantung pada saya sampai saya bertemu Tuhan ini mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya juga dengan keluarga saya. Tuhan yang takut akan pemberi pinjaman, Nyonya SUSAN JAMES LOAN FIRML COMPANY dia adalah Juruselamat yang dikirim Tuhan untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir hal itu tidak akan mungkin terjadi sampai saya menerima pinjaman saya sebesar $ 200.000 Dolar AS pada tanggal 5 / Feb / 2018 , saya mengundangnya ke pesta kumpul-kumpul keluarga saya yang tidak dia tolak dan saya akan menasihati seseorang yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu SUSAN JAMES LOAN FIRML COMPANY. Email: susanjamesloanfirml07@gmail.com or susanjamesloanfirml07@outlook.com or Website: https://susanjamesloanfirm.wixsite.com/loan-officer

  • Wulan Sari

    31 Agustus 2017, 06:19:22

    Nama saya Wulan Sari, dari Rumania, saya memiliki istri dan dua anak yang cantik, saya berjanji untuk membagikan kesaksian ini kepada Tuhan dalam hidup saya. 2 minggu yang lalu, saya sangat membutuhkan uang, jadi saya mengajukan pinjaman, kemudian menemukan diri saya berada di tangan yang salah yang mengklaim sebagai kreditur pinjaman yang baik di seluruh dunia, tidak tahu bahwa mereka semua adalah penipu. Mereka mengumpulkan $ 800 USD dari saya dan menolak mengirimkan pinjaman saya kepada saya. Saya sangat bingung dan frustrasi. Saya menjadi mabuk, pada hari yang setia saya pergi ke bar untuk diminum dan kemudian saya bertemu dengan seorang teman lama, saya menceritakan semua yang terjadi kepada saya, kemudian dalam proses itu dia mengenalkan saya kepada Nyonya Loana George. CEO Guarantee Trust Loan LTD dimana dia menerima pinjaman sekitar $ 30,000.00 USD. Maka dia memberi saya email loanageorge11@gmail.com, Dan saya segera menghubungi dia sampai di rumah, dia memberi tahu saya peraturan dan peraturan dan saya ikuti, setelah memproses dokumen dalam waktu kurang dari 24 jam, saya menerima pinjaman saya sebesar $ 21.000,00 USD ... Saya yakin dia juga akan dengan senang hati membantu Anda, jadi jika Anda tertarik dengan pinjaman, Anda juga bisa menghubungi dia di email: loanageorge11@gmail.com Dan Anda juga bisa menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut oleh sariulan3600@gmail.com

  • Wulan Sari

    31 Agustus 2017, 06:14:59

    Nama saya Wulan Sari, dari Rumania, saya memiliki istri dan dua anak yang cantik, saya berjanji untuk membagikan kesaksian ini kepada Tuhan dalam hidup saya. 2 minggu yang lalu, saya sangat membutuhkan uang, jadi saya mengajukan pinjaman, kemudian menemukan diri saya berada di tangan yang salah yang mengklaim sebagai kreditur pinjaman yang baik di seluruh dunia, tidak tahu bahwa mereka semua adalah penipu. Mereka mengumpulkan $ 800 USD dari saya dan menolak mengirimkan pinjaman saya kepada saya. Saya sangat bingung dan frustrasi. Saya menjadi mabuk, pada hari yang setia saya pergi ke bar untuk diminum dan kemudian saya bertemu dengan seorang teman lama, saya menceritakan semua yang terjadi kepada saya, kemudian dalam proses itu dia mengenalkan saya kepada Nyonya Loana George. CEO Guarantee Trust Loan LTD dimana dia menerima pinjaman sekitar $ 30,000.00 USD. Maka dia memberi saya email loanageorge11@gmail.com, Dan saya segera menghubungi dia sampai di rumah, dia memberi tahu saya peraturan dan peraturan dan saya ikuti, setelah memproses dokumen dalam waktu kurang dari 24 jam, saya menerima pinjaman saya sebesar $ 21.000,00 USD ... Saya yakin dia juga akan dengan senang hati membantu Anda, jadi jika Anda tertarik dengan pinjaman, Anda juga bisa menghubungi dia di email: loanageorge11@gmail.com Dan Anda juga bisa menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut oleh sariulan3600@gmail.com

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher